Kamis, 05 April 2012

Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak


Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak



Kamu termasuk pecinta alat-alat elektronik?
Kamu punya lapto yang kam beli dengan hasil jerih payah kamu sendiri? Tentunnya kamu tidak mau kan barang kesayangan kamu itu cepat rusak?!
Di sini Puput akak kasih kamu beberapa tips merawat laptop biar tidak cepat rusak…
1.      Jangan gunakan laptop >2 jam
Yup. Penggunaan laptop lebih dari dua jam akan membuat laptop kamu panas dan cepat rusak. Kalau kamu punya tugas yang harus diselesaikan dalam waktu itu juga dan kamu gak punya waktu untuk mengistirahatkan laptop kamu, maka kamu bisa tetap menruskan tapi lebih baik gunakan cooling pad.
2.      Gunakan Cooling pad pada pemakaian lama
Seperti yang saya katakana di atas, gunakan cooling pad(kipas khusus laptop/notebook) apabila digunakan dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan kalau kamu memakai laptop  ukuuran kecil atau pun notebook, lebih disarankan untuk memakai cooling pad sejak detik pertama, sebab kedua alat di atas lebih cepat panas.
3.      Bersihkan Layar Laptop
Jangan sampai ada debu atau bekas jari layar kamu, karena akan terlihat tidak bagus dan tidak terawat. Kalau perlu gunakan pembersih khusus unntuk layar laptop biar lebih mengkilat. Gunakan kain khusus/kain yang lembut.
4.      Jangan Meletakkan Barang Berat di atasnya
Simpan/letakan laptop di tempat yang aman. Jangan letakan tumpukan buku kamu di atasnya apalagi kamus.
5.      Jaga Suhu Ruangan
Jangan letakan laptop di tempat yang panas. Setiap laptop memiliki suhu lingkungan maksimal dan minimalnya masing-masing. Perhatikan hal tersebut kalau kamu memang sayang dengan laptopmu.
6.      Gunakan Pelindung Keyboard
Belilah pelindung keyboard(terbuat dari plastic) agar tidak ada debu yang masuk ke sela-selanya.
7.      Jangan Terlalu Banyak Tempelan
Menghias barang kesayangan itu wajar. Namun kalau berlebiihan akan merusak penampilannya. Hm.. kamu mengerti kan maksudku.. J
8.      Gunakan Mouse
Apabila kamu mengkoneksi ke internet, maka akan lebih baik kalau gunakan mouse daripada touch pad. Sebab apabila touch pad rusak, perbaikannya akan lebih sulit dan mahal karena ia ‘satu’ dengan laptop.
9.      Pelihara-perhatikan-sayangi Baterai
Jangan sampai kamu memakai laptop hingga baterai kamu DROP. Charge baterai laptop kamu sebelum 25%. Kalau bisa, usahakan jangan mencharge sambil main. Sleep laptop atau shut down sebelum discharge. Hal itu agar baterai tidak cepat membengkak. *Berlaku juga untuk Handphone.
10.  Jangan Buan Plastik Pelindung
Plastic pelindung yang ada pada layar mungkin sedikit mengganggumu. Tapi jangan gegabah untuk melepaskannya, sebab itu berfungsi unutk melindungi laptop kamu dari debu dan goresan dari luar.
11.  Perhatikan Sirkulasi Udara
Jangan gunakan bantal sebagai alas laptop karena akan mengganggu sirkulasi udara dan membuat latop kamu sanagt panas dan cepat rusak. Gunakan alas yang rata/datar.
12.  Jangan Sampai Kena Air!
Ini yang paling penting. Seberapa ketatpun kamu menjaga laptop kamu, semuanya akan percuma kalau tiba-tiba ia terjatuh ke air atau tersiram air. J So, jangan sembarang menaruh laptop ya…

By: Yopi Anonim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar