Selasa, 01 Mei 2012

Tips Menghemat Uang ala Pelajar I



Part I
Langsung aja, ya. Aku akan kasih kalian beberapa tips/cara menghemat uang bagi pelajar. Ini diambil dari pengalaman diri sendiri, orang lain dan beberapa sumber.
1.     Berhentilah Membelii Barang yang Tidak Kamu Perlukan
Terkadang kita tergiur apabila melihat barang-barang bagus atau keren. Apalagi apabila ia memiliki aksen yang merupakan favorit kita, misalnya tengkorak atau dengan cover idola kita.
Tapi sebagai seorang pelajar kamu memiliki banyak kebutuhan yang dituntut oleh sekolah maupun statusmu sebagai pelajar.
2.    Sisihkan min. 10% dari Uang Jajanmu Setiap Hari
Kalau kamu membawa uang 10.000,- untuk jajan di sekolah, sisihkan setidaknya 1000,- untuk ditabung. Kelak kalau kamu sudah lulus sekolah, kamu akan terperangah bahwa betapa banyaknya uang yang sudah kamu kumpuulkan dari hanya 10% uang jajanmu.
Kalau kamu mebawauang 5000,- , ya sisihkan min. 500,-. Kan lumayan tuh, hehe. “Dikit-dikit lama-lama jadi BUKIT”.
3.    Miliki Tabanas
Jangan mentang-mentang kamu masih ‘ingusan’ trus merasa menabung di celengan ayam sudah cukup. Hey, kamu sudah sekolah. Jadi, sudah besar. Kamu perlu Tabanas(tabungan di BANK), apalagi kalau sudah SMA. Kalau kamu sudah mengumpulkan uang yang cukup banyak, segera setor ke BANK biar kamu tidak tergiur untuk membelanjakannya.
4.    Bawalah Bekal(makanan) ke Sekolah
Kalau kamu termasuk orang yang rakus tentu kamu akan boros dalam berbelanja makanan. Nah, kalau kamu sudah menyadari sifatmu itu, biasakan untuk mebawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Jadi, kamu tidak perlu belanja di sekolah hingga sakumu hampa. Yah, kalau cuma sekedar 2 tusuk pentol boleh lah, hihi. ^_^
5.    Mencatat Materi di Kelas
Lho, kak Puput, apa hubungannya mencata pelajaran dengan menghemat uang? Ada la…! Kalau kamu malas mencatat padahal kamu perlu catatan itu kamu akan nakal memfoto copy catatan temanmu atau bahkan memfoto copy buku paket gurumu. Nah lho, meskipun harganya Cuma ratusan atau ribuan rupiah, tapi itu juga uang lho. Kalau  kamu mengeluarkan uang sekian ribu rupiah hanya karena sifat malasmu, kamu akan ‘bangkrut’. Yup, uang jajanmu akan hilang ke dalam mesin fotocopy.

Well, sampai lima dulu ya tipsnya. Wait the next part.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar